Jumat, 24 Februari 2012

Proposal Usaha Foodcourt

……….., …………   200…..
Kepada Yth,
Bank ……..
……..
Di
…………

Dengan Hormat,

Perihal:            Laporan Studi Kelyakan Bisnis Foodcourt

Bersama surat ini kami kirimkan proposal studi kelayakan bisnis dalam bidang usaha Foodcourt. Usaha foodcourt ini merupakan usaha saya yang ke-3, dimana usaha yang lain adalah pengelolaan penyewaan gedung kantor. Lokasi usaha ini sangat strategis karena terletak didalam sebuah mal yang pengunjungnya sangat ramai dan peminat akan tempat usaha makanan sangat tinggi.
Besarnya investasi pembangunan usaha ini adalah Rp 398.500.000 (Tiga ratus sembilan puluh delapan juta lima ratus ribu rupiah). Sedangkan modal kami saat ini sebesar Rp 199.250.000, maka kekurangan dana investasi sebesar Rp 199.250.000 (Seratus sembilan puluh sembilan juta lima ratus ribu rupiah), kami mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari Bank.
Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan dan analisa, kami lengkapi proposal ini dengan hasil analisa tentang rencana perluasan usaha.
Demikianlah surat permohonan ini besar harapan kami mendapat dukungan dana dari bank yang bapak pimpin.
Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Kami,



Candra D.





STUDI KELAYAKAN BISNIS
 FOODCOURT
Pada suatu propinsi berdirilah sebuah mal yang besar. Mal tersebut baru beroperasi + 2 tahun, pengunjung mal tersebut sangat ramai, karena setahun yang lalu mal itu belum seramai sekarang, toko-toko di dalam mal itu pun hampir terisi penuh. Di dalam mal tersebut terdapat restoran-restoran fastfood, seperti Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut dan yang lainnya. Tetapi belum ada yang mengelola foodcourt / pujasera, yaitu tempat jajan serba ada. Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap manusia mempunyai selera makanan yang berbeda, sehingga pengunjung mal yang datang dengan rekan atau keluarga dan ingin makan dapat memilih makanan sesuai dengan seleranya dan duduk bersama di meja.
Kebetulan saya sudah menghubungi pengelola mal tersebut dan mereka setuju dengan rencana saya untuk membangun foodcourt disana.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, saya merencanakan membangun usaha Foodcourt. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk mengajak kerjasama kepada rekan-rekan yang berminat atau pada bank untuk meminjamkan dananya atas kakurangan dana investasi kami.
Kepemilikan Usaha
Proyek usaha Foodcourt ini merupakan usaha berbentuk CV., dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Candra D.
Pengurus Harian                      : Eko Satrio
Karyawan; 4 orang
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya memimpin pengelolan penyewaan gedung kantor yang lokasinya tidak jauh dari mal ini.
Sedangkan yang memimpin usaha ini tetap saya sendiri dan dibantu oleh asisten saya pak Eko Satrio. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 199.250.000 (Seratus sembilan puluh sembilan juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Akte pendirian CV, yang dibuat oleh notaries dan disahkan oleh Pengadilan negeri setempat
-          Surat izin Domisili
-          SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
-          TDP (Tanda Dartar Perusahaan)
-          NPWP (Nomor Pokok Wajik Pengusaha)
-          Sertifikat tanah, Hak milik (Sebagai Jaminan)
-          IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah penyewaan kios-kios yang diperuntukan untuk makanan pokok dan cemilan, dimana hanya boleh dibangun 1 jenis makanan atau merek. Hal ini untuk menjaga persaingan yang tidak sehat.
Segmentasi usaha ini adalah para pengusaha makanan baik yang sudah berpengalaman atau baru.
Permintaan
Dalam rencana membuka usaha foodcourt ini, kami telah menghubungi para pengusaha makanan yang telah beroperasi, baik yang diluar kota ataupun dalam kota. Dimana sebagian besar mereka setuju untuk membuka usaha di foodcourt tersebut. Diperkirakan dalam tahun pertama terisi 85% dan tahun kedua 100%.
Total kios yang akan dibangun sebanyak 20 unit, dengan luas 3 m x 4m = 12 m2 perunit.
Pesaing
Karena foodcourt dibangun di mal dan tidak mungkin ada 2 food court dalam 1 mal, maka pesaing dianggap tidak ada.
Peluang
Berdasarkan hasil analisa dan pesaing, maka proyeksi omset foodcourt ini adalah:
Tahun
Tahun
Tingkat Hunian
Total Omset
(Rp 000)
(unit)
(%)
Harga sewa
(Rp 000)
Service Charge
(Rp 000)
Tahun-1
17
85
17.500
6.000
399.500
Tahun-2
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-3
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-4
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-5
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-6
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-7
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-8
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-9
20
100
17.500
6.000
470.000
Tahun-10
20
100
17.500
6.000
470.000
Mengingat usaha baru dibuka, maka omset penjualan pada tahun pertama belum mencapai target, baru tahun ke-2 terisi penuh..
III.  Lokasi dan Teknis
Lokasi Usaha
Lokasi usaha terletak pada lantai 5 didalam mal tersebut dengan luas 400 m2.
Bangunan
Biaya pembangunan Usaha adalah:
-          Sewa tempat 1 tahun: 400 m2 x @ Rp 40.000/m2 x 12 bulan     Rp   192.000.000
-          Kios 20 unit x @ 12 m2 x @Rp 750.000/m2                               Rp   180.000.000
-          Westafel 6 unit x @ Rp 750.000                                                  Rp       4.500.000
-          Meja 40 unit x @Rp 150.000                                                       Rp       6.000.000
-          Kursi 160 unit x @Rp 100.000                                                     Rp     16.000.000
Total                                                     Rp   398.500.000

IV.  Proyeksi Keuangan
Total biaya pembangunan Usaha Foodcourt tersebut sebesar Rp 398.500.000, dengan rincian sebagai berikut:
Investasi tetap:
-          Sewa tempat 1 tahun:                                                                   Rp   192.000.000
-          Kios 20 unit                                                                                  Rp   180.000.000
-          Westafel 6 unit                                                                              Rp       4.500.000
-          Meja 40 unit                                                                                  Rp       6.000.000
-          Kursi 160 unit                                                                               Rp     16.000.000
Total                                                                                                   Rp   398.500.000

Sumber Dana Investasi

Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank. Yaitu:
Modal sendiri
-          Investasi Tetap                  Rp  199.250.000 (50%)
Kredit Bank
-          Investasi Tetap                  Rp  199.250.000 (50%)
Grand Total             Rp  398.500.000
Asumsi Proyeksi Keuangan:
Asumsi-asumsi proyeksi keuangan dapat dilihat pada Formulir lampiran keuangan, seperti: Harga Jual, Harga Pokok, Biaya Operasional, Tenaga Kerja, Suku Bunga Bank, Rasio Persediaan, Piutang, Hutang Dagang,  Kenaikan Harga dan Biaya (escalation), Umur Ekonomis / Penyusutan, dan sebagainya.
Pembayaran Kredit
Sedangkan pembayaran kredit akan dimulai dicicil pada tahun pertama operasional, dan berakhir pada tahun ke-8. Lebih detail dapat dilihat pada tabel dibawah ini atau pada lampiran-02 Proyeksi Aliran Dana)
Tabel Jadwal Pembayaran Pokok dan Bunga Kredit
Tahun
Pokok Kredit
(Rp 000)
Bunga Kredit
(Rp 000)
Total
(Rp 000)
Tahun-1
24,000
31,880
55,880
Tahun-2
24,000
28,040
52,040
Tahun-3
24,000
24,200
48,200
Tahun-4
24,000
20,360
44,360
Tahun-5
24,000
16,520
40,520
Tahun-6
24,000
12,680
36,680
Tahun-7
24,000
8,840
32,840
Tahun-8
31,250
5,000
36,250
Tahun-9
0
0
0
Tahun-10
0
0
0

Proyeksi Laba Rugi
Pada tahun operasi pertama diperkirakan sudah mendapatkan keuntungan sebesar
Rp 33.848.000 dan tahun kedua memperoleh laba sebesar Rp 108.188.000. Akumulasi keuntungan selama 10 tahun adalah Rp 1.144.256.000. Lebih ditail tentanng  Proyeksi laba rugi dapat dilihat pada Lampiran-03
Analisa Investasi
Dalam analisa investasi kami menggunakan 2 metode, yaitu:
1.      Payback Period adalah suatu periode yang diperlukan untuk menutup kembali investasi dengan menggunakan keuntungan ditambah penyusutan.
Payback Period usaha ini adalah 1 Tahun.
2.      Internal Rate of Return (IRR) adalah tingkat bunga yang akan menjadi nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan yang akan diteriama, sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal. IRR yang baik jika lebih besar dari tingkat suku bunga bank.
IRR sebesar 79,57%.
Rasio Keuangan
Metode yang digunakan adalah:
Likuiditas adalah ukuran kemampuan usaha dalam memenuhi kewajiban lancarnya, minimal 1 atau 100%.
Tahun
Likuiditas
Tahun-1
17.40%
Tahun-2
89.48%
Tahun-3
191.76%
Tahun-4
345.31%
Tahun-5
596.70%
Tahun-6
1073.46%
Tahun-7
2294.79%
Tahun-8
#DIV/0!
Tahun-9
#DIV/0!
Tahun-10
#DIV/0!

Selanjunya lihat lampiran-0 atau 05
Profitabilitas
Kemampuan usaha dalam menghasilkan laba dengan jumlah harta yang telah ditanamkan, dapat diukur dengan ROI (Rate of return O Investment) dan ROE (Rate of return On Equity). ROI dan ROE yang baik lebih besar dari suku bunga bank.
Tahun
ROI
ROE
Tahun-1
17.55%
16.99%
Tahun-2
38.87%
54.30%
Tahun-3
41.72%
56.22%
Tahun-4
45.03%
58.15%
Tahun-5
48.91%
60.08%
Tahun-6
53.53%
62.01%
Tahun-7
59.10%
63.93%
Tahun-8
68.37%
65.86%
Tahun-9
68.37%
68.37%
Tahun-10
68.37%
68.37%

Terlihat ROI dan ROE makin menigkat yang menyatakan proyek ini layak dibangun. Selanjunya lihat lampiran-0 atau 05
V.    Jaminan Kredit.
Jaminan kredit usaha untuk pinjaman tersebut, kami bersedia menjaminkan Sertifikat tanah milik saya pribadi.
Penutup
Demikianlah proposal permohonan kredit kami ini.
Besar harapan kami untuk mendapatkan pinjaman kredit dari Bank yang Bapak pimpin.
Terimakasih atas kerja samanya.




             Hormat Kami,





    (Candra D.)

               Pemilik Usaha

2 komentar:

Tommy mengatakan...

INDOTERPAL adalah distributor dan produsen terpal dan tenda “ready made” terdepan dan terunggul di jakarta dengan produk dan kualitas terbaik dan termurah. Dengan pengalaman bisnis dibidang terpal dan tenda lebih dari 15 tahun kami memastikan anda sebagai pelanggan untuk memperoleh jaminan pelayanan dan kepuasan dari kami.

Beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menjadi customer kami adalah produk yang bervariasi, terjamin, harga kompetitif . Semua harga produk terpal dan tenda kami sudah mencakup biaya produksi serta FREE delivery untuk wilayah JABODETABEK (*)

Produk kami mencakup terpal plastik siap pakai, terpaulin, cover truk, cover kapal, cover mesin, tenda cafe, tenda kerucut / tenda sarnavil, tenda peleton / tenda penampungan, tenda lipat, jaring anggrek, polynet, waring, tambang PE / PP, plastik cor, kantung jenazah, dsb-nya.

Untuk informasi
Bisa email ke tommyindoterpal@gmail.com
Mobile:0813-8061-3685

Nurul Fajar mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

Posting Komentar

 

Cerita Hidup Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger